klik pasti untung

Senin, 07 Maret 2011

Tepis Rasa Ragu Itu...


Tepis Rasa Ragu Itu...

Publikasi: 01/08/2003 08:54 WIB
eramuslim - Bimbang dan ragu terkadang datang menghampiri kita makhluk-Nya. Menandakan betul betapa lemah dan rapuhnya kita. Untuk mengambil keputusan sekecil apapun, bersitan rasa ragu hadir. Ragu dan bimbang ketika dihadapkan pada dua atau banyak pilihan. Entah akhirnya menjadi besar atau kemudian sirna.
Banyak muslimah yang ketika saat untuk memilih pasangan hidup tiba menjadi ragu-ragu dan bimbang. Begitu halnya dengan saya dulu. Aduh, betul tidak pilihan saya? Kata jangan-jangan masih terekam di benak. Gelisah.... bingung.... gimana enaknya ya. Menerima yang satu dan menolak yang lain tanpa alasan syar'i kadang menimbulkan perasaan berdosa. Wajar tidak ya?
Kebebasan untuk memilih calon pasangan itu bukan saja pada laki-laki, namun kita muslimah juga punya hak untuk memilih dan juga hak untuk menolak, meski alasannya misal hanya masalah tampang yang kurang menarik. Hal itu dibenarkan dan ada dasarnya dari sumber hadits yang terpercaya, misalnya hadits berikut ini:
Dari Ibnu Abbas ra berkata bahwa Jamilah binti Salul mendatangi Nabi Saw dan berkata, "Demi Allah, aku tidak mencela Tsabit (suaminya) dalam masalah agama dan akhlaqnya. Namun aku membenci kekufuran dalam Islam." Maka Rasulullah Saw berkata, "Apakah kamu siapa untuk mengembalikan kebun kepada suamimu?". Dia menjawab, "Ya". Maka beliau memerintahkan Tsabit untuk mengambil kebun Jamilah tanpa tambahan". (HR Ibnu Majah). Dalam riwayat Tabari dijelaskan bahwa yang menjadi alasan Jamilah untuk minta cerai dari suaminya itu adalah karena suaminya (Tsabit bin Qais) kulitnya hitam legam, pendek dan mukanya jelek.
Dari Khansa' bin Khadam Al-Anshariyah bahwa ayahnya menikahkannya dan dia seorang janda dan dia tidak suka. Maka dia datang kepada Rasulullah Saw dan ditolaklah nikahnya. (HR. Bukhari 9: 194).
Yang lebih bikin pusing justru ketika pilihan sudah dijatuhkan, eh keraguan masih ada. Duh... Gusti Allah kenapa rasa mantap itu masih belum ada ya. Malah bikin tambah puyeng.
Allah memberikan kita alternatif dengan sholat istikharah. Dia yang Menguasai hati dan Maha membolakbalikannya. Kalaupun hasilnya masih nihil mungkin kita harus introspeksi akan kualitasnya. Siapa tahu masih dikotori oleh keinginan dan kecondongan pribadi. Belum tentu yang menurut pandangan kita dan manusia umumnya jelek, itu yang jelek menurut Allah juga sebaliknya. Allah tidak mengenal fungsi waktu, Allah yang Maha Tahu yang terbaik bagi kita. Kita minta dari-Nya yang terbaik bagi diri kita.
Saya belajar bahwa keraguan identik dengan rasa takut. Takut menghadapi konsekuensi dan resiko dari pilihan kita. Apa jadinya kalau pilihan saya salah. Belum terjadi apa-apa sudah cemas. Bayangan-bayangan buruk lantas berseliweran. Di sini kita perlu memaknai betul-betul arti tawakkal. Berserah diri pada-Nya semata. Keraguan dihembus-hembuskan syetan untuk menjauhkan kita dari rasa tawakkal. Keyakinan tidak ada yang bakal terjadi kecuali dengan ijin Allah. Kepasrahan dalam tingkat yang seutuhnya. Bahwa kita ini makhluk, hamba-Nya.
Ketika permintaan kepada Allah untuk dimantapkan hati sudah dilakukan dan keputusan diambil. Dapat dikatakan sudah selesai tugas kita. Kita telah membulatkan niat dan menguatkan ikhtiar. Pasrahkan semuanya pada-Nya. Berprasangka baik pada-Nya.
Kembali soal pasangan hidup, Allah sendiri sudah menjamin, "Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga)". (Al Qur'an 24:26).
Apakah pasangan hidup kita sebanding dan cukup baik bagi kita? Keimanannya bagus, sholeh, hanif? Tentunya kita bisa mendapatkannya sesuai dengan janji Allah tersebut jika kita pun meningkatkan kesholehan kita, keimanan kita, dan kualitas kita. Jika kita pun sebanding dengannya. Seperti apa kita, seperti itu juga cerminan pasangan hidup kita.
Semoga Allah memberikan kita kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi segala 'ketidakpastian' dunia, dan senantiasa diberi kemampuan untuk bertawakkal pada-Nya. Amien ya Rabbal 'alamin. Wallahu'Alam bishshowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar