klik pasti untung

Jumat, 25 Desember 2015

Buntut Pemerkosaan di Angkot, Sopir D01 Minta Hapus Sopir Tembak

JAKARTA, KOMPAS.com - Para sopir angkutan umum D01 jurusan Ciputat-Kebayoran merasa dirugikan karena kasus pemerkosaan oleh sopir tembak di salah satu mobil angkot trayek tersebut beberapa waktu lalu. Karena itu, mereka meminta menghapuskan keberadaan sopir tembak. 

"Kami minta pemilik mobil untuk menyeleksi sopir-sopir yang dipekerjakan. Tidak boleh ada sopir tembak lagi," kata Ketua Solidaritas Masyarakat Transportasi Tangerang Selatan, Mizar Delarosa di Mapolres Jakarta Selatan, Senin (29/6/2015) siang. 

Ia menuturkan, saat ini trayek D01 memiliki sekitar 390 unit mobil. Namun, masih ada keberadaan sopir tembak sekitar 5-10 orang. 

Karena itu, dengan kedatangan ke Mapolres Jakarta Selatan, mereka juga mendukung kepolisian untuk menghukum pelaku pemerkosaan dalam angkot seberat-beratnya. [Baca: Pemerkosaan di Angkot, Sopir D01 Demo di Depan Polres Jaksel]

"Kejadian di angkot itu sudah mencemarkan citra kami, padahal itu kan hanya oknum. Kami ingin citra pengemudi terangkat lagi," kata pria yang sudah 20 tahun menjadi sopir angkot ini. 

Namun, ia menyayangkan Dinas Perhubungan Tangerang Selatan yang tidak pernah melakukan razia sopir tembak di trayek-trayek di sana. Padahal razia sangat mungkin menjaring sopir-sopir tembak yang tidak terdaftar. 

"Ini mungkin karena Dishub Tangsel belum punya tempat buatngandangin angkot," kata dia. [Baca: Berkat Kecerdasan Korban, Pemerkosa Karyawati di Angkot Cepat Tertangkap]

Salah satu sopir angkot Laudin (46) mengatakan, penghasilan mereka melorot setelah terjadinya kasus pemerkosaan tersebut. Karena itu, ia berharap dengan aksi damai mengecam pelaku pemerkosaan di angkot bisa sekaligus memperbaiki penghasilannya. 

Puluhan sopir angkutan umum D01 mendatangi Mapolres Metro Jakarta Selatan pada Senin siang. Mereka menggelar aksi damai untuk mendukung pengungkapan kasus pemerkosaan di angkot D01 jurusan Ciputat-Kebayoran beberapa waktu lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar